Inovasi fuel injection 2tak pada Honda EXP-2 | ILAjava.com ILAjava - Blog seputar otomotif roda 2.

Inovasi fuel injection 2tak pada Honda EXP-2


ILAjava.  Sudah tertanam pada benak masyarakat kalau mesin 2tak itu: boros, berisik, ribet karena harus memakai oli tambahan(oli samping), kandungan emisi gas buangnya tinggi dan sebagainya dan sebagainya.
Yaa memang nggak salah sih, karena memang cara kerja dari mesin 2tak ini hanya membutuhkan 2x proses untuk melakukan satu kali pembakaran sehingga relatif lebih boros bahan bakar dibanding mesin 4tak. Karena hal ini mesin 2tak membutuhkan oli tambahan untuk melumasi bagian dalam mesin. Namun oli tambahan yang bercampur dengan bahan bakar tersebut ikut naik ke ruang bakar sehingga ikut terbakar, itulah yang membuat emisi dari mesin 2tak ini tinggi. Namun itu hanya berlaku pada mesin 2tak konvensional.
Untuk menjawab berbagai kekurangan itu pada tahun 1990-an melalui R&D chief engineer Yoichi Ishibashi, Honda kemudian mengembangkan sebuah mesin yang di beri nama "Activated Radical Combustion"  atau ARC. Mesin ini menggunakan injeksi bahan bakar langsung (direct injection) dan pengaplikasian katup buang variabel yang dikontrol secara elektronik.
Patent mesin ARC pada Honda EXP-2.
Honda mengklaim mesin dengan sistem ARC ini sangat ramah lingkungan dan irit bahan bakar.
Itu karena pada rpm rendah-menengah mesin ini mampu melakukan proses pembakaran tanpa percikan api dari busi atau auto-ignitionSehingga semua bahan bakar bisa terbakar secara sempurna.




Akhirnya pada tahun 1995 honda mengaplikasikan mesin ARC-nya di motor enduro prototype yang dikembangkan untuk balap ketahanan gurun (Rally Dakar).
Motor ini berkapasitas mesin 402cc single cylinder.
Di tangan pembalap Jean Brucy motor ini mendapat pringkat 5 secara keseluruhan dan pertama di kelas bawah 500cc Experimental classes pada Granda Dakar Rally yakni juara 1 kelas 2tak dan peringkat 8 secara keseluruhan pada Nevada Rally dan peringkat 7 secara keseluruhan pada Baja 1000.
Hasil ini terbilang sangat luar biasa, mengingat motor ini pada waktu itu bukan di design untuk menang, melainkan hanya untuk mencoba teknologi baru..joss!!

Wis, iki tak tambahi spesifikasi dari Honda EXP-2, semoga dapat menambah wawasan kita,monggo di kunyah" kang:

 (ILAjava).

Specification:
-Type of engine: water-cooled-2 stroke single cylinder engine (Activated Radical Control Valve)
-Activated Radical Combustion
-PGM-FI
-Engine displacement: 402 cm³. 
-Max power: 54 PS/7000rpm
-Dry weight: 155kg.




Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Inovasi fuel injection 2tak pada Honda EXP-2"