Memaksimalkan akselerasi dengan Quick shifter | ILAjava.com ILAjava - Blog seputar otomotif roda 2.

Memaksimalkan akselerasi dengan Quick shifter


ILAjava.   Banyak hal yang bisa kita lakukan untuk memaksimalkan akselerasi dari tunggangan kita.
Salah satunya adalah dengan mengaplikasikan Quick shifter.
Apa sih quick shiter itu kang?. Oke sabar kang. Quick shifter adalah sebuah alat yang biasa diaplikasikan untuk tunggangan balap seperti MotoGP. Itu karena alat ini mempunyai peranan yang penting untuk menambah proses akselerasi pada motor. Jadi gini,umumnya setiap rider ketika akselerasi akan menekan kopling terlebih dahulu ketika akan mengoper gigi, nah ini tentu butuh waktu dan akan ada proses akselerasi yang hilang karena biasanya pada saat menambah gigi diikuti juga dengan sedikit mengendurkan betotan gas. Faktanya, rata" seorang rider melakukan ini dalam waktu kurang lebih 0.600 detik. Untuk rider dengan skill expert mungkin bisa 0.300 detik.

Nah alat ini diciptakan untuk mempersingkat proses tesebut. Caranya adalah dengan mengganti tuas batang porsneling dengan tuas yang sudah ada sensor mekanik yang mampu memberikan sinyal ke ECU kalau mesin akan up shift (tambah gigi). Sehingga ECU akan meresponnya dengan mematikan sementara pengapian selama sepersekian detik. Ketika proses inilah kita dapat menambah gigi tanpa menarik terlebih dahulu tuas kopling. Hal ini dimungkinkan karena ketika pengapian berhenti mesin kehilangan tenaganya, sehingga gear pada poros transmisi pun bisa berpindah karena tidak mendapat beban dari mesin. Jadi dengan Quick Shifter ini, untuk menambah gigi, kita hanya perlu mencongkel prosnelingnya saja tanpa perlu menarik kopling. 
Itu untuk mesin injeksi,untuk mesin dengan karburator sebenarnya lebih simple. Kita tinggal menjumper Salah satu kabel yang menuju koil dan disambungkan dengan kabel sensor yang ada pada tuas porsneling.

Dengan mengaplikasikan Quick shifter ini, rider hanya membutuhkan waktu kurang lebih 0.050 detik untuk menambah gear/gigi. Cukup signifikan bukan perbedaannya kang?
Namun perlu diingat, alat ini hanya untuk membantu proses up shift (tambah gigi) saja, untuk down shift (menurunkan gigi) kita tetap harus menarik tuas kopling.
Kalau sampean mau up shift dan down shift tanpa kopling, silahkan pakai seamless shift gearbox. 

Di indonesia sendiri, setau saya sudah banyak yang menjual quick shifter semacam ini untuk motor lokal. Tapi harganya itu yang bikin mules kang. Kalau ga salah harganya sekitar 3-5jutaan.
Last, di artikel selanjutnya akan saya berikan, bagaimana cara membuat quick shifter murah, dan bisa dilakukan dirumah.
Semoga bermanfaat. 

 (ILAjava).

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Memaksimalkan akselerasi dengan Quick shifter"