Ronax 500,monster GP500 yang "halal" di jalanan umum!! | ILAjava.com ILAjava - Blog seputar otomotif roda 2.

Ronax 500,monster GP500 yang "halal" di jalanan umum!!


ILAjava.  Mungkin sebagian dari kita masih ingat dengan era GP500/sekarang MotoGP, dimana waktu itu mesin motor GP masih menggunakan engine 2tak 500cc, sebelum akhirnya regulasi berubah mengharuskan semua pabrikan menggunakan mesin 4tak 990cc pada tahun 2002. Meskipun masa keemasan GP500 telah lama berakhir, namun sebuah perusahaan mesin Ronax asal Jerman berusaha membangkitkan monster ini kembali. 
Mereka memberi label motor ini Ronax 500. Motor ini memang ditujukan khusus bagi mereka yang mau bernostalgia merasakan motor dengan spek GP namun "halal" digunakan di jalanan umum,atau street legal. Yap, street legal karena motor ini dilengkapi dengan kelengkapan berkendara di jalanan seperti headlamp, lampu sein, electrik starter dan spion. Jika dilihat sekilas, motor yang dirilis tahun 2014 kemaren ini sangat mirip dengan motor Honda NSR500 tunggangan Valentino Rossi saat masih di team Nastro Azzuro Honda dulu. Terlihat jelas dari lekukan bodyworknya, hanya saja ronax memberikan striping yang lebih minimalis pada body nya. 

Untuk memberikan kesan eksklusif, Ronax pun hanya memproduksi motor ini sebanyak 46 unit saja di seluruh dunia, dan harganya pun ngga main main kang. Untuk mendapatkannya konsumen harus merogoh kocek setidaknya 1.6 Milyar!. 
Mengintip ke sektor dapur pacu, Ronax 500 dibekali mesin 499cc 2tak fuel injection V4, 80 derajat dengan dual counter-rotating crankshaft. 

      






Iya, mesin ini dibekali 2 kruk as. Mirip seperti motor Yamaha YZR500. Jadi kalau menurut saya motor ini seperti perpaduan antara mesin YZR500 dengan bodywork NSR500.
Mesin 4 cylinder ini juga dilengkapi dual mapping untuk mode sport dan hujan.
Muntahan tenaganya sendiri, menurut Ronax mesin ini mampu mengeluarkan tenaga hingga 160HP pada 11.500rpm!


Tak hanya itu, part part pendukungnya pun di buat sama seperti motor GP500, sebut saja rangka berbahan aluminium, fairing dan body serat karbon, empat knalpot karbon kevlar, suspensi dari ohlins, dan perangat rem brembo.
Alhasil bobot motor inipun hanya 170kg, atau setara dengan ninja 250. wes,bisa sampean bayangin sendiri kang power to weight rationya. Hampir 1HP/kg. 
Silahkan dikunyah-kunyah. 
Semoga bermanfaat. 

 (ILAjava). 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ronax 500,monster GP500 yang "halal" di jalanan umum!! "