Cara membuat quick shifter murah, yang bisa dikerjakan dirumah | ILAjava.com ILAjava - Blog seputar otomotif roda 2.

Cara membuat quick shifter murah, yang bisa dikerjakan dirumah



ILAjava.   Sesuai janji saya sebelumnya, kali ini saya akan membagikan cara bagaimana membuat sendiri quick shifter yang murah, dan tentunya bisa anda kerjakan sendiri di rumah.
Bagi sampean yang belum tau apa itu quick shifter, mungkin bisa membacanya dulu pada artikel saya terdahulu. Artikel ini saya buat berdasarkan pengalaman pribadi saya ketika iseng-iseng ingin membuat quick shifter yang murah untuk motor KR150L aka ninja R. Oke langsung saja, bahan-bahan yang dibutuhkan adalah:

-Switch rem lampu belakang. 
Bisa menggunakan dari motor apa saja. Namun disini saya menggunakan switch rem lampu belakang milik Honda Supra,harganya sekitar 8.000 rupiah yang biasa/KW.
-Spring/per untuk menghubungkan switch rem dengan tuas prosneling. Biasanya ketika anda membeli switch rem lampu belakang sudah berikut mendapatkan per nya.
-Dudukan untuk switch rem dari plat besi. Untuk dudukan ini anda bisa membuatnya sesuai keinginan anda di tukang las. Kurang lebih biayanya 10-20ribu rupiah. Tergantung model dan kemurahan hati tukang las anda.
-Saklar untuk meng on/off kan fitur quick shifter nya. Harganya 3.000 rupiah.
-Kabel secukupnya.


             Baca juga:Ronax 500,monster GP500 yang halal di jalanan umum.
                                Suzuki RK67, jagoan suzuki di era 60an.

Pertama kita harus membongkar dan memodifikasi bagian dalam dari switch remnya. Karena kondisi rangkaian bawaan dari switch ketika ditarik adalah memutus-menyambung-memutus, maka kita harus memodifikasinya terlebih dahulu agar rangkaiannya menjadi memutus-menyambung-menyambung. Ini bisa kita lakukan dengan membuang isolator (plastik) yang ada pada batang as switch rem bagian atas, kemudian ganti dengan logam atau bisa juga dengan plat tipis yang dililitkan ke batang switch tersebut. Hal Ini bertujuan agar ketika kita menekan prosneling, mesin tidak mati karena arus pengapiannya terputus. Setelah selesai,selanjutnya kita copot kabel negatif (-) yang menuju koil dan kita sambungkan ke salah satu kabel pada switch rem. Kemudian ujung kabel dari switch rem yang satunya kita sambungkan ke koil. Jika sudah kita tinggal pasang switch rem ke dudukan plat yang sudah kita buat dan pasang spring/per untuk menghubungkan antara switch dengan tuas prosneling. Mungkin untuk lebih jelasnya bisa sampean lihat gambar di bawah ini kang.

Sampai disini sebenarnya fitur quick shifter ini sudah bisa berfungsi. Kita hanya perlu menyetel tinggi rendahnya switch dari tuas prosneling agar switch bisa memutus pengapian TEPAT sebelum up shift (tambah gigi). Caranya bisa dengan memutar mutar switch pada dudukan plat.
Untuk proses selanjutnya yaitu pemasangan saklar untuk meng on/off kan fitur quick shifternya..sebenarnya saklar ini boleh dipasang boleh tidak, tergantung selera sampean kang. Namun saran saya lebih baik di pasang. Untuk berjaga jaga kalau motor sampean dipinjem temen atau sodara. Kan ngga lucu kalo lagi jalan santai kemudian tambah gigi mesin malah mati.hehehe.
Cara pemasangannya sama seperti ketika sampean memasang switch rem, kabel negatif (-) dari CDI yang menuju koil disambungkan ke salah satu kabel dari saklar. Selanjutnya kabel dari saklar yang satunya disambungkan ke koil lalu tempatkan saklar sesuai selera anda..Saran saya, letakan saklar di tempat yang mudah dijangkau kang. Seperti di stang contohnya.
tombol merah untuk meng on/off kan QS. 
Sampai disini selesai sudah pemasangan quick shiter sampean. Tinggal mengetest nya di jalanan. Kemudian rasakan sendiri perbedaanya kang.
Dijamin kampas kopling jadi lebih awet, nambah gigi ngga bakal selip kopling, rpm mesin ngga bakal drop terlalu jauh,apalagi missed gear.

Last,disini saya tidak bermaksud menggurui, hanya sekedar sharing pengalaman pribadi.. Jika kalian memang punya duit lebihan ber jut* jut* tentunya lebih baik membeli quick shifter bermerek yang dibuat pabrikan. Karena itu jauh lebih canggih dan presisi. Namun kalau dompet sampean isinya pas-pasan kaya saya, mungkin cara diatas bisa dijadikan pilihan.. Semoga bermanfaat.

 (ILAjava).

Subscribe to receive free email updates:

10 Responses to "Cara membuat quick shifter murah, yang bisa dikerjakan dirumah"

Unknown said...

Goooood job om mantappp..
Tapi ada satu hal yg masih mengganjal di benak saya,
Swicth rem itu kan kalo di tarik dia menyambung ditandai dengan stoplamp yang menyala, dan kalo di lepas dia memutus
Kok di artikel malah sebaliknya ya?

Unknown said...

Jadi skemanya gimana ya om . Kalau ditekan (turun gigi ke 1) memutus arus.nah jika di cungkil naik ke gigi 2 gimana?

Unknown said...

Jadi skemanya gimana ya om . Kalau ditekan (turun gigi ke 1) memutus arus.nah jika di cungkil naik ke gigi 2 gimana?

Unknown said...

Jadi skemanya gimana ya om . Kalau ditekan (turun gigi ke 1) memutus arus.nah jika di cungkil naik ke gigi 2 gimana?

Unknown said...

Swit rem kalau ditarik bukanya menyambung om.
Artikelnya ini kok kebalik.

suhermawan *MIX said...

Apa bisa diterapkan pada motor bebek?

suhermawan *MIX said...

Apa bisa diterapkan pada motor bebek?

Unknown said...

Baca baik2 kan di modifikasi lagi dalaman nya

Unknown said...

Bang itukan posisi switchnya di bawah..trus klo misalkan kena air/banjir itu ada efek mati pengapian gak bang..bantu jawab donk

Unknown said...

Cara ubah arus nya gimna mas ,tolong banget mass