Dave Simmonds pembawa juara dunia pertama Kawasaki | ILAjava.com ILAjava - Blog seputar otomotif roda 2.

Dave Simmonds pembawa juara dunia pertama Kawasaki


ILAjava.  Kita semua tau kalau kiprah Kawasaki di ajang WorldGP ini kurang bersinar. Apalagi sejak era motoGP 4-Tak. Tapi opo yo langka blas yo kang prestasine? Jawabannya ADA! Ini dia Dave Simmonds, Sang Bintang yang Terlupakan.


Balik ke era balap GrandPrix di tahun 60-an. Banyak pembalap Inggris mendominasi singgasana teratas. Ada banyak banget nama terkenal disana. Dan salah satunya adalah Dave Simmonds. Pria inggris kelahiran 25 Oktober 1939 ini tergabung bersama tim Kawasaki.

Dibandingkan pabrikan Jepang lain yang ikut serta di ajang worldGP (MotoGP), Kawasaki bisa diibaratkan sebagai anak baru di kejuaraan tersebut. Berbeda dengan Yamaha, Suzuki, apalagi Honda yang banyak pengalaman di kelas 250cc kebawah. Sedihnya, hal tersebut berbanding lurus dengan hasil yang diterima, Kawasaki menjadi satu-satunya dari kwartet Jepang yang belum pernah merasakan gelar juara dunia. Sebelum akhirnya Dave Simmonds bergabung pada musim 1967. Atau sesaat setelah Honda memutuskan mengundurkan diri karena pembatasan jumlah silinder.

Berbekal Kawasaki KA-1 yang jauh lebih pelan ketimbang jagoan Yamaha & Suzuki, Dave Simmonds mengalami kebuntuan di 2 musim pertamanya bersama kawasaki. Hal itu membuat Kawasaki Jepang kehilangan harapan dan berniat mengundurkan diri di musim selanjutnya. Karena alasan biaya yang tak mencukupi untuk menyewa mekanik dan mengikuti 11 seri yang digelar di Eropa. Namun sang rider tak pantang menyerah,ia kemudian mengajukan peminjaman unit motor dan berniat ikut balapan dengan usaha dan modalnya sendiri.

Setelah mengikuti training di Kawasaki factory Japan, Bos kawasaki akhirnya menyadari skill yang dimiliki Dave Simmonds, kemudian ia memutuskan untuk menyerahkan unit prototype balap Kawasaki. Namun dengan catatan yakni tanpa bantuan mekanik, tanpa finances tambahan, dan hanya diberikan 1 kotak sparepart yang cuma berisi sepasang crankshaft, 4 buah piston, serta beberapa buah ring piston. Melihat bekal dan dana yang ada, jangankan untuk jadi Juara dunia, bahkan untuk bisa finish di setiap race pun butuh usaha yang lebih dari 1000%!. 

Pada tahun 1969 setelah Yamaha & Suzuki terpaksa ikut mengundurkan diri karena alasan Regulasi pada kelas 125cc. Akhirnya munculah sedikit harapan bagi Dave Simmonds bersama Kawasaki KA-125 yang Ia garap sendiri di garasi belakang rumahnya. Walaupun sempat gagal mengikuti race perdana di Spanyol karena kehabisan uang, pembalap ini akhirnya mendapatkan pinjaman uang dan bisa mengikuti race berikutnya yang digelar di Jerman.

Di musim 1969 tersebut, Dave Simmonds menorehkan hasil yang luar biasa dengan menjuarai 8 race plus 2 kali podium dari 11 seri yang digelar. Hal ini membuatnya sama sekali tak tersentuh di papan klasemen Juara Dunia kelas 125cc. Meskipun faktanya, Dave Simmonds adalah pembalap paling minim dukungan dari pabrikan, dari semua group yang ikut serta di tahun tersebut. Effort luar biasanya ini bukan cuma jadi kebanggaan tersendiri untuk Inggris, tapi juga jadi pemacu semangat Kawasaki untuk kembali bersaing di worldGP. Bukan cuma di kelas 125cc, tapi juga di kelas 250 & 500cc!

Sebagai tambahan dave Simmonds adalah pembalap Inggris terakhir yang keluar sebagai Juara Dunia kelas 125cc atau moto3. Catatan sejarah tersebut baru ditulis ulang oleh pembalap muda bernama Danny Kent, di tahun 2015 lalu.
Musim 1970, Dave Simmonds memfokuskan diri di kelas 500cc. Itu karena Kawasaki KA-125 yang ditungganginya tak lagi mampu bersaing melawan motor racikan anyar WorldGP yang kian powerfull dan kencang. Meski dengan modal motor produksi masal yang dimodifikasi seadanya, Dave simmonds sukses mencatatkan beberapa kali naik podium. Bahkan ia juga berhasil jadi pebalap Kawasaki pertama di Dunia yang memenangkan Race kelas 500cc via WorldGP Spanyol pada tahun 1971 silam.

Sayang, upaya Sang pembalap tak kenal menyerah ini harus berakhir di tahun 1972 silam. Saat mengikuti sebuah fun race di Spanyol, Dave Simmonds tutup usia saat usaha Heroiknya menyelamatkan van pembalap lain yang terbakar, digagalkan oleh ledakan tabung gasoline. Meski sempat dilarikan ke Rumah Sakit setempat, namun Dave akhirnya menghembuskan nafas terakhirnya pada 23 Oktober 1972. Atau tepat 2 hari sebelum ulang tahunnya yang ke 33tahun.

Meski sudah banyak dilupakan oleh para pecinta MotoGP modern, tapi pencapaian Dave Simonds tetap tercatat sebagai salah satu yang terbaik. Terbaik bagi negaranya dan yang terbaik untuk Kawasaki. Semoga kisah ini bisa menginspirasi kita semua, bahwa dengan usaha dan kerja keras, semua bisa diraih.

 (ILAjava). 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Dave Simmonds pembawa juara dunia pertama Kawasaki"