Yamaha F1ZR, bebek legendaris pabrikan Yamaha. | ILAjava.com ILAjava - Blog seputar otomotif roda 2.

Yamaha F1ZR, bebek legendaris pabrikan Yamaha.


ILAjava.  Assalamualaikum kang, dimanapun sampean berada. Masih ingat sepeda motor legendaris yamaha 2 tak? pasti kebanyakan orang mengatakan motor legendaris itu adalah yamaha RX king. Memang benar sich motor legendaris yamaha 2 tak itu yamaha RX king, tapi itu untuk motor sportnya. Sedangkan untuk motor bebeknya,salah satunya mereka mempunyai Yamaha F1ZR.

Sopo sich sing ora kenal karo yamaha F1ZR yang pernah merajai dunia balap nasional pada masa itu. Yamaha F1ZR adalah generasi penerus dari yamaha Alfa yang bermesin 105cc. Yamaha alfa sendiri di perkenalkan pada tahun 1980 akhir dan disuntik mati pada tahun 1992. Nah pada tahun 1992 inilah generasi force 1 pertama lahir dengan model rem tromol depan dan belakang. Ini adalah motor pertama yamaha yang menggunakan sistem pendingin YPCS (Yamaha performance Cooling system). YPCS adalah pendingin mesin dengan menggunakan kipas untuk menyedot udara dari luar kedalam untuk mendinginkan mesin. Dengan teknologi ini membuat suhu mesin tetap terjaga sehingga performa motor tidak drop ketika panas. Berikut ini adalah generasi F1Z dari masa ke masa: 

Yamaha F1 Z
Motor ini dirilis pertama kali pada tahun 1992 dan mengusung teknologi YPCS.
Sebenarnya teknologi ini di mulai pada motor suzuki pada motor RC collection nya dengan nama Suzuki Jet Cooled tetapi ada perbedaan yakni pada suzuki ada tambahan berupa nozlle untuk menyemprotkan oli ke bagian blok mesin sedangkan yamaha tidak. Pada generasi Poswan 1 ini berumur dari tahun 1992 sampai tahun 1994 dan pada tahun 1994 ini difacelift dan namanya di ganti menjadi Force 1Z ( F1Z ). Dari bentuk sendiri tidak ada perubahan yang besar dari generasi Poswan 1 hanya ada upgrade pada bagian rem depan yang sudah mengadopsi cakram.

Hingga tahun 1996 yamaha masih menjual F1Z dan belum ada perubahan pada bagian mesin dan juga bentuk hanya ada penambahan versi limited edition saja pada waktu itu. Pada model limited version ini ada beberapa penambahan yakni pada behel belakang ada lampu dan juga penambahan crome pada beberapa bagian tertentu. Generasi terakhir ini sudah mengadopsi transmisi “full clutch”.

Yamaha F 1ZR

Dan pada tahun 1997 inilah kemunculan atau waktu lahirnya generasi F1ZR yang sudah di bekali dengan “kopling manual” akan tetapi koplingnya masih semi otomatis pada waktu itu banyak orang bilang kopling banci. Nah di tahun 2000 setelah yamaha berubah menjadi PT. YIMM ( Yamaha Indonesia Motor Manufacturing ) sebagai produsen melakukan perombakan besar-besaran pada yamaha F1ZR ini.

Perubahanya adalah desain yang lebih modern dengan di dukung oleh velg racing ( palang ) . Serta aplikasi pada transmisi yakni sudah full clutch atau kopling manual konventional. Tidak cuma desain yang menarik pada jamannya, namun performa dan kebandelan motor ini juga sudah teruji pada jamannya. Bahkan motor ini juga sering menjadi langganan juara di ajang balap nasional. Ada banyak pembalap indonesia terkenal yang pernah memakai motor ini. Sebut saja Ahmad Jayadi, Harlan Fadhillah, bahkan sampai hendriansyah juga pakai motor ini. Sayang sekali pada tahun 2005 motor ini harus di discontinue alias di stop produksinya dan di gantikan oleh gen Vega dengan mesin fourstroke (4tak).


Dan seperti biasa, sebagai tambahan berikut Spesifikasi yamaha F1ZR:

Engine
Tipe  : 2-stroke, silinder tunggal 110,4cc
Bore x Stroke  : 52,0 x 52,0 mm
Ratio Kompresi  : 7,1:1
Transmisi  : manual,kopling basah dengan 4 percepatan N-1-2-3-4
Karburator  : VM 20 Mikuni
Kapasitas Oli samping  : 1,2 lt
Sistem Pelumasan 2-Tak: Yamaha AutoLube
Aki  : GM5Z-3B/YB5L-B/12V5AH
Busi  : BP 7 HS-10/W 22 FP-10
Sistem Pengapian  : CDI
Sasis
Berat Kosong  : 95 kg
Tipe Sasis  : Pipa
Kapasitas BBM  : 4,5 liter
Wheelbase  : 1.190 mm
floor Clearance  : 135 mm
Tinggi tempat duduk  : 750 mm
Suspensi/ Ban
Suspensi depan  : Teleskopik
Ban Belakang  : 2.75-17-4 PR
Ban Depan  : 2.50-17-4 PR
performance
measurement (LxWxH)  : 1.870 x 670 x 1.040 mm
Starter  : Kick & electric
Power max : 11.8 dk / 7500 rpm
Torque max  : 1,10 KGF.M / 6500 rpm
Sistem Pengereman
Rem Depan  : cakram
Rem Belakang  : Tromol

 (ILAjava). 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Yamaha F1ZR, bebek legendaris pabrikan Yamaha. "