Yamaha 125ZR motor 2tak yang lolos EURO3!! | ILAjava.com ILAjava - Blog seputar otomotif roda 2.

Yamaha 125ZR motor 2tak yang lolos EURO3!!


ILAjava.  Semangat pagi, siang, sore semua.  Wokeh langsung saja nih kang, kali ini saya akan membahas tentang motor bebek wonderful 2tak yang kedua, setelah sebelumnya Yamaha F1ZR sudah saya bahas disini. Kali ini saya akan membahas tentang Yamaha 125Z.
Pasti sebagian diantara sampean sekalian pernah dengar dan mungkin pernah lihat langsung penampakan motor ini. Yamaha 125Z dirilis pertama pada tahun 1998 dengan sasaran pangsa pasar Malaysia dan Singapore, dan ke beberapa negara Eropa, seperti Yunani. Kalau di eropa motor ini dinamai Yamaha Z.

Bebek super ini adalah penerus dari Yamaha 110SS (kalau di indo Yamaha F1Z yang belum pake nama R dibelakangnya). Yamaha 125Z ini adalah motor bebek yamaha 2tak pertama yang sudah mengadopsi penggunaan catalyc converter pada sistem knalpotnya. Hal itu membuat gas buang motor ini bersih sehingga bisa lolos regulasi EURO 3.
Mungkin itu yang membuat motor ini bisa masuk ke daratan eropa. Seperti kebanyakan bebek super lainnya, motor ini juga digunakan diajang road race di Malaysia dan beberapa negara di tingkat ASEAN. Dengan kapasitas mesin 125cc dengan bore X stroke 53.8mm X 54.7mm, Yamaha 125Z ini bisa memuntahkan power mencapai 17,5PS pada putaran mesin 8.000 rpm. Selain itu motor ini juga dilengkapi dengan 6 transmisi kecepatan layaknya motor sport tulen.

Motor ini juga sudah dibekali rem cakram depan dan belakang, suspensi depan teleskopik dan belakang monoshock. Di Indonesia sendiri motor ini bisa dibilang cukup langka, dan mungkin hanya kolektor dan para speed freak saja yang faham dan mempunyai motor ini. Pada awal kemunculannya di indonesia dulu sekitar tahun 2001-2002, motor ini dibanderol dengan harga diatas 20juta.
Wuah harga yang termasuk mahal pake banget pada masa itu kang. Menurut yang saya lihat di website Yamaha Malaysia (Hong Leong Yamaha Motor), motor ini masih dijual disana.


Baru dan gres kang, dan sekarang ditambahi dengan embel-embel R dibelakang huruf Z menjadi Yamaha 125ZR. Menurut informasi yang saya peroleh, setidaknya Yamaha 125ZR ini masih akan diproduksi oleh Hong Leong Yamaha Motor setidaknya sampai tahun 2019 mendatang. Untuk banderol harganya adalah RM 6.617 atau sekitar Rp. 19,8juta rupiah. Kalau diimpor kesini ya bisa membengkak diangka 22-23juta-an, biasalah kenak tetek bengek pajak ini itu kang.

Yup, itulah sekilas tentang Yamaha 125Z salah satu bebek fantastic yang sampai sekarang masih banyak digemari para speed freak. Tunggu Artikel tentang bebek 2tak excellent diartikel selanjutnya kang.. Semoga berguna.

 (ILAjava). 

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Yamaha 125ZR motor 2tak yang lolos EURO3!! "