Yamaha TZM, Masterpiece muda yang tumbang sebelum berkembang. | ILAjava.com ILAjava - Blog seputar otomotif roda 2.

Yamaha TZM, Masterpiece muda yang tumbang sebelum berkembang.

ILAjava.  Yamaha TZM adalah Masterpiece dari Pabrikan garputala yang diperkenalkan pertama kali di Indonesia sekitar tahun 1996 laluMotor ini di datangkan langsung secara CBU oleh yamaha untuk menjeggal suzuki RGR dan Honda NSR yang sudah lebih dulu mengaspal di tanah air. Oleh karena itu Yamaha nggak tanggung tanggung, mereka mendevelop motor ini dari DNA sang kakak yang sudah malang melintang di dunia balap pada waktu itu yaitu Yamaha TZR250.
   
Jika melihat design bodywork, dari depan ke belakang motor ini sangat berbeda "style" nya. Dimana pada bagian depan terlihat balutan fairingnya bersudut-sudut tajam mencirikan khas motor sport era 2000-an. Namun pada bagian belakang, sampeyan bakal melihat bodywork yang yang sangat khas dengan motor sport era 90-an, sebut saja stoplamp bulat,lampu sein bulat dan lekukan body yang menggembung. Namun justru dari sini, yamaha TZM mampu tampil berbeda dari para rivalnya!

Lanjut ke mesin, karena mengambil DNA dari TZR250, tentunya mesin TZM ini tidak bisa dipandang sebelah mata, Yamaha membekali TZM dengan mesin 2tak berkapasitas 147cc liquid cooled plus pengaplikasian YPVS (Yamaha Power Valve System) pada exhaust portnya. YPVS digerakan oleh motor servo dan berfungsi untuk menyesuaikan tinggi lubang buang mengikuti rpm mesin, sehingga didapat tenaga yang maksimal pada setiap rpm, dimana ini tidak bisa dilakukan pada mesin 2tak konvensional.
Guna mngimbangi itu semua,mereka juga mencangkokan karburator special Mikuni VM30SS pada moncong intake. Alhasil mesin ini sanggup memuntahkan tenaga maksimal hingga 36PS (35.3HP) pada 10.500rpm. 

Dengan bobot yang hanya 119kg dan pemakaian rangka double-cradler alias deltabox kabarnya motor ini anteng dibawa lari hingga 160km/j bahkan lebih.
Sayang,pada waktu itu indonesia dilanda krisis moneter. Nilai tukar rupiah yang anjlok berimbas pada harga jual TZM yang jauh diluar kemampuan masyarakat.
Akhirnya yamaha indonesia menghentikan penjualan TZM pada tahun 1998.
Yaa, dengan jangka waktu yang hanya 2 tahun membuat penjualan yamaha TZM sangat terbatas di indonesia, bisa dilihat dari populasinya yang sangat sedikit.
Untuk itu buat sampeyan yang mempunyai yamaha TZM di garasinya, rawatlah baik baik,karena kalian termasuk orang orang yang beruntung mampu memiliki motor yang legendaris dan langka.

Berikut spesifikasi lengkap Yamaha TZM150:

Engine : 2 Tak, Single Cylinder, Liquid Cooled, YPVS System

Kapasitas Silinder : 147 cc

Bore & Stroke : 59 X 54 mm

Max Power : 35,3 HP @ 10.500 Rpm

Max Torque : 25 N.m @ 9,500 Rpm

Lubrication System : Wet Sump

Transmissi : 6 Speed Chain Driven

Panjang : 1,965mm

Lebar : 685mm

Tinggi : 1,100mm

Jarak Sumbu Roda : 1,330 mm

Tinggi Jok : 765mm

Berat Kosong : 119kg

Suspensi Depan : Telescopic,Coil spring, Oil damped

Suspensi Belakang : Swingarm, Coil spring, Oil Damped

Rem Depan : Disc

Rem Belakang : Disc

Ban Depan : 90/80 -17 46S

Ban Belakang : 110/80 – 17 57S

Pengapian : Electronic CDI

Kapasitas Tangki BBM : 13 Liter


Subscribe to receive free email updates:

3 Responses to "Yamaha TZM, Masterpiece muda yang tumbang sebelum berkembang. "

Unknown said...

Tzm masih byk yg seger" bro...
Harga semakin mahal pula.

Imam Latif said...

Iyaa emg bener kang, harganya sekarang nggilani.. Hehe

erfan said...

Th 96 dulu harga barunya 22.5jt.
Harga tornado gx 3.6jt
Tornado gs 3.8jt