Yamaha TZR125 ini mencangkokan "keong racun" a.k.a turbo ke mesinnya!! Edyannn. | ILAjava.com ILAjava - Blog seputar otomotif roda 2.

Yamaha TZR125 ini mencangkokan "keong racun" a.k.a turbo ke mesinnya!! Edyannn.



ILAjava.  Assalamualaikum, sugeng enjing, sore, ndalu semua. Lagi iseng-iseng nonton video you tube, ndilalah nemu video yang bikin saya heran. Yup, dalam video itu nampak sebuah motor Yamaha TZR125 yang dicangkokan keong racun a.k.a turbo ke mesinnya.
Bagi yang belum tau apa itu turbo.
Turbo adalah salah satu part yang bisa menaikan tenaga mesin secara signifikan. Terdiri dari satu buah turbin dan satu buah impeler yang terhubung dengan shaft. Dimana turbin ini digerakan oleh gas buang dari mesin, kemudian secara bersamaan memutar impeler juga. Nah impeler inilah yang nantinya mengkompresikan udara tekanan tinggi ke intake mesin. Bahkan dengan perhitungan dan penyetelan tekanan yang pas, pengaplikasian turbo bisa meningkatkan tenaga mesin hampir 2x lipat. Oleh karenanya banyak speed freak yang mengaplikasikan turbo ini ke mesinnya.

Diupload oleh akun YouTube bernama turboman 71, video ini menunjukan kondisi Yamaha TZR125 yang sudah terinstal turbo ketika dihidupkan. Dari gambar diatas terlihat pemasangan karbulator diletakan dilubang hisap impeler turbo. Jadi karbulator bukan lagi dihisap oleh piston namun oleh impeler turbo.

Karena karbulator dan turbo diletakan didepan mesin.
Alhasil manifold bawaan pun dilengserkan dan diganti dengan slang agar mampu menjangkau intake mesin.

Sayang tidak ada keterangan dalam video tersebut berapa tenaga yang mampu dihasilkan  dan berapa max tekanan turbo yang dipakai.
Last,dari sini kita bisa melihat kalau ternyata turbo juga bisa diaplikasikan di mesin 2tak, apakah sampean mau mencoba??
Semoga menginspirasi dan bermanfaat.. 

 (ILAjava). 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Yamaha TZR125 ini mencangkokan "keong racun" a.k.a turbo ke mesinnya!! Edyannn. "