Aprilia RS 125 GP, si kecil yang kaya cabe rawit!! | ILAjava.com ILAjava - Blog seputar otomotif roda 2.

Aprilia RS 125 GP, si kecil yang kaya cabe rawit!!


ILAjava.  Ibarat cabai,mungkin motor yang satu ini masuk ke dalam kategori cabai rawit. 
Walaupun kecil, tapi pedesnya sampai bisa bikin nangis.
Motor tersebut adalah Aprilia RS125GP.
Kenapa ada embel-embel GP dibelakangnya kang?
Yaa karena motor ini dibuat khusus untuk ikut di ajang kejuaraan GP kelas 125cc dulu.

Motor ini menggendong mesin 2tak single silinder dengan kapasitas bersih 124.8cc. Walaupun cuma 125cc, namun VE (Velocity Efisiensi) motor ini dikabarkan mampu mencapai 145%, itu artinya mesin ini sanggup membakar BBM hingga 180cc. Sebagai perbandingan, mesin 4tak standar pabrikan biasanya hanya mempunyai VE antara 80-90%. Mesin RS125GP ini memakai karburator Dell'Orto VHSJ 42mm with powerjet sebagai pengkabut bahan bakarnya. Mesin ini juga sudah dilengkapi dengan pendingin cair a.k.a liquid cooled.
Kompresi mesinnya sendiri mencapai 15,2:1. Tentunya ini diukur dengan pengukuran metode Eropa.
Yup, karena untuk pengukuran ratio compression untuk mesin 2 tak sendiri saat ini ada 2 pilihan metode. Yakni dengan menggunakan metode Jepang dan Eropa. Kalau dihitung menggunakan metode Jepang, biasanya hasilnya kecil. Hal ini karena penghitungan CR (Compression Ratio) dengan metode Jepang itu dihitung dari TMA (Titik Mati Atas) hingga sebelum lubang-lubang pada cylinder blok terbuka oleh piston. Sedangkan jika memakai metode Eropa, penghitungannya dari TMA sampai TMB (Titik Mati Bawah). 
Lanjut pada bagian frame.
Motor ini menggunakan chasis alumunium twin spar. Jadi nggak heran walaupun motor ini kecil tapi tetap stabil pada kecepatan tinggi, dan rigid ketika diajak cornering.
Untuk suspensi depan dan belakang dipasok oleh Ohlins yang sudah tidak diragukan lagi kualitasnya sebagai penyuplai suspensi nomor satu pada gelaran MotoGP.

Dengan bobot yang hanya 74kg, dan tenaga yang mencapai 48HP, bahkan denger-denger pada versi terahir ada yang mencapai 52HP, motor ini sanggup berlari hingga kecepatan 245kpj!. 
Tak heran banyak pembalap yang mampu mencicipi manisnya juara dunia di kelas GP125 dengan motor ini. Sebut saja Jorge Lorenzo, Valentino Rossi, dan masih banyak lagi.

Last, itulah sedikit pembahasan mengenai salah satu motor dari Pabrikan Aprilia yang ikut turun dikelas MotoGP, yakni Aprilia RS125GP, si kecil yang kaya cabe rawit.
Monggo dikunyah-kunyah.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Aprilia RS 125 GP, si kecil yang kaya cabe rawit!! "