Aprilia RSW 250, amunisi Aprilia di kelas GP250cc | ILAjava.com ILAjava - Blog seputar otomotif roda 2.

Aprilia RSW 250, amunisi Aprilia di kelas GP250cc


ILAjava.  Kemampuan pabrikan Aprilia memang sudah tidak diragukan lagi pada ajang balap dunia, termasuk MotoGP.
Salah satunya yaitu keikut sertaanya berpartisipasi di ajang GP kelas 250cc two stroke.
Dan Salah satu amunisi pabrikan Italia ini untuk turun di kelas 250cc tersebut adalah Aprilia RSW250GP.
Motor ini mengusung mesin 2tak 90derajat V-twin, liquid cooled, dengan 2 counter-rotating crankshaft. Mesin ini diklaim memiliki kompresi mesin yang mencapai 16: 1 kang. 

Yaa kalau saya sendiri sih ngga heran kang kompresi mesinnya nyampe segitu. Pertama mengingat ini motor kelas MotoGP, kedua karena memang ada 2 metode untuk penghitungan ratio kompresi mesin untuk mesin 2tak. Pertama menggunakan metode Jepang. Kalau menghitung dengan metode ini biasanya hasil perhitungan CR (Compression Ratio) kecil. Yang kedua menggunakan metode Eropa. Biasanya kalau menghitung CR dengan metode ini hasilnya besar. Karena metode penghitungannya sama dengan penghitungan CR mesin 4tak. Nah karena Aprilia adalah pabrikan Italia maka kemungkinan besar mereka menggunakan metode eropa untuk menghitung ratio kompresi mesin RSW250 ini. 


Balik lagi ke RSW250. Motor ini menggunakan 2 karburator Dell'Orto VHSJ 42mm pada bagian intake. Framenya sendiri menggunakan aluminium twin beam sehingga sangat rigid. Dan pada sektor pengereman menggunakan perangkat rem dari Brembo. kapasitas tangki BBM Aprilia RSW250 sendiri mencapai 23 liter!. Dan bobot kosong motor ini hanya 100kg Kang!! Edyan, bahkan dengan motor bebek 125cc jaman sekarang masih lebih berat motor bebeknya. 
Dengan semua spesifikasi di atas, motor ini mampu menyemburkan tenaga hingga 105HP@12.500rpm. Wis sampeyan hitung wae berapa power to weight ratio motor ini. Lewih sekang 1HP/kg kang!! Gendeng tenan.
Suzuki Hayabusa wae PWR'e cuma 0.8HP/kg.

Dengan besarnya tenaga Aprilia RSW250 tersebut nggak heran kalau motor ini mampu melaju dengan kecepatan hingga 280kpj.
Sayang seribu sayang pada tahun 2010 Regulasi MotoGP mengganti kelas GP250cc 2tak dengan kelas Moto2 yang menggunakan mesin 4tak 600cc.
Jika tidak saya yakin mungkin sekarang Aprilia RSW250, masih menjadi amunisi Aprilia di kelas GP250cc.

 (ILAjava). 




Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Aprilia RSW 250, amunisi Aprilia di kelas GP250cc"