Honda NSR 500 Valentino Rossi,motor tim satelit pertama yang mampu meraih Juara Dunia!! | ILAjava.com ILAjava - Blog seputar otomotif roda 2.

Honda NSR 500 Valentino Rossi,motor tim satelit pertama yang mampu meraih Juara Dunia!!


ILAjava.  Haloo kang, Pada kesempatan ini saya akan membahas tentang suatu hal yang membuat saya dan bahkan mungkin para GPmania yang lainnya penasaran. Perihal tersebut adalah.
Apakah benar Honda NSR500 Rossi Itu Motor Team Satelit?
Terus kenapa harus di pertanyakan si kang?
Ya Karena kita semua tau para fans, baik itu yang senang menonton MotoGP ataupun fansnya Vale punya pemikiran yang berbeda menyangkut status motor Honda NSR500 itu.
Seperti yang kita tau, Rossi mengawali karirnya di kelas 500cc pada tahun 2000 dengan motor dari honda ini.

Saat itu Rossi menjadi Rider pendatang baru dan berusaha untuk membuktikan kemampuannya bersaing dan memperebutkan gelar juara dunia GP500.
Dulu namanya belum MotoGP.
Nama MotoGP itu baru digunakan tahun 2002 atau ketika ada perubahan regulasi pemakaian mesin dari 500cc 2tak menjadi 990cc 4tak.

Meskipun di akhir klasemen musim 2000 Rossi menempati posisi ke 2 dan belum mampu mendapatkan title juara duia, namun prestasinya sangat luar biasa mengingat ia baru naik kelas dikelas 500cc dimana motor 500cc dikenal sangat susah dikendalikan dan memiliki power yang liar.
Rossi meraih 10x podium dari 13 seri yang diadakan dimana 2 di antaranya adalah kemenangan Rossi.
Itu terjadi pada sirkuit Donington Park inggris dan Rio de Janeiro Brazil.
Total Rossi mengumpulkan 209 poin,atau selisih 49 angka dari juara dunia waktu itu, Kenny Robert Jr dari tim Suzuki.
Di tahun berikutnya atau tahun 2001 barulah Rossi akhirnya bisa meraih gelar juara dunia pertamanya di kelas para raja.

Sejak saat itulah namanya semakin terkenal di seantero dunia karena Rossi berhasil juara dunia dengan motor team satelit.
Padahal kalau kita lihat di berbagai berita, ada yang mengatakan kalau belum pernah ada team satelit yang bisa juara dunia MotoGP/GP500.
Lahh terus Rossi itu bagaimana kang? Bukannya dia bisa juara dengan motor team satelit? Disini Ada informasi yang membuat kita bingung, tapi akan jelas bila di runut dari awal kedatangan Rossi di kelas GP500.

Pada Tahun 2000 Honda sudah punya team Pabrikan bernama Repsol YPF Honda Team.
Mereka terkesan dengan prestasi vale di kelas 125cc dan 250cc dan ingin memasukannya ke tim pabrikan honda di kelas GP500.
Namun tim Pabrikan Honda sudah punya 3 pembalap saat itu yakni : Tadayuki Okada,Sete Gibernau dan Alex Criville.
Jadi tempat untuk Vale di tim ini sudah penuh sehingga tak memungkinkan bagi Vale untuk menjadi rider Repsol Honda karena team itu sudah memiliki kontrak dengan 3 pembalap tadi.
Nah, akhirnya dibentuklah team khusus yang dinamai Nastro Azzurro Honda. Popularitas Rossi nampaknya menjadi alasan utama kenapa Honda begitu membutuhkan Rossi.

Karena kepopulerannya itu Rossi bisa mendatangkan banyak sponsor dan Honda akan punya keuntungan lebih jika Rossi bergabung dengan mereka.
Maka Kemudian di buatlah opsi lain,yaitu dengan menempatkan Rossi di tim Nastro Azzurro Honda.
Secara aturan yang berlaku, hanya diperbolehkan ada 1 team pabrikan. Maka Nastro Azzurro bisa di sebut sebagai team satelit.
Tapi secara teknis motor yang disediakan untuk Rossi, tidak bisa di sebut motor untuk tim satelit..
Kenapa?Karena Honda memberikan Rossi motor Honda NSR500 dengan spesifikasi sama dengan motor Tim Pabrikan.

Dilengkapi dengan peralatan pendukung terbaik, dan di support penuh oleh HRC, Rossi juga mendapat mekanik khusus Tim Pabrikan bernama Jeremy Burgess.
Dia adalah orang penting yang membawa Mick Doohan juara dunia 5 kali berturut-turut bersama Honda selama musim 1994-1998.
Di kelas GP500, semua tim memakai spesifikasi motor Prototype yang sama sehingga kemampuan motor tidak terlalu jauh berbeda. Tapi tetap saja motor team Pabrikan punya tenaga yang lebih besar karena dukungan peralatan yang lebih canggih ketimbang tim satelit.
Kalau begitu, Rossi bisa juara dunia tahun 2001 dengan motor Pabrikan dong ya?



Tidak bisa di sebut Pabrikan juga. Kalau timnya jelas team satelit, tapi spesifikasi motornya itu setara dengan motor team Pabrikan.
Entah apa istilah yang tepat untuk menyebut ini. Kalau di era MotoGP 2016 ada sebutan team Satellite Factory Support.
Apa itu kang? Itu adalah motor Tim Satelit yang sama dengan Tim Pabrikan, namun hanya untuk engine dan chasisnya saja.
Sementara suspensi,rem dan settingannya berbeda.
Jadi kemampuannya masih dibawah tim pabrikan.

Tapi kalau Honda NSR500 yang ditunggangi Rossi itu beda lagi.
Spesifikasi Motornya sama persis dengan motor Pabrikan, sehingga performanya sama dengan motor Pabrikan, hanya saja itu ada di Tim Satelit.
Honda NSR500 Valentino Rossi menjadi motor dari team Satelit terbaik di dunia karena sampai saat ini belum ada motor Tim Satelit yang punya kemampuan seperti itu dan mendapat support penuh dari pabrikan. Jadi itu motor khusus ya? Ya boleh dibilang motor dan tim itu khusus di rancang untuk Vale.

Kalau saja masih ada tempat kosong di kubu Repsol YPF Honda Team, pasti ditahun 2000 ketika Rossi naik kelas di GP500 ia langsung ada di tim itu. Buktinya saja 2 tahun kemudian Rossi benar-benar ada di Repsol Honda kan? Itu karena kontrak dengan rider Repsol Honda Pabrikan lainnya sudah habis, jadi Rossi bisa menggantikan tempat pembalap itu di tim utama Honda.
Honda NSR500,tim Nastro Azzurro dan Jeremy Burgess sebagai mekanik adalah paket khusus untuk Vale agar bisa merasakan kondisi sebagai pembalap Pabrikan, meskipun statusnya ada di Tim Satelit.
Semoga bermanfaat.

 (ILAjava). 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Honda NSR 500 Valentino Rossi,motor tim satelit pertama yang mampu meraih Juara Dunia!! "