Sejarah RX-King si motor "Penjahat". | ILAjava.com ILAjava - Blog seputar otomotif roda 2.

Sejarah RX-King si motor "Penjahat".


ILAjava.    Siapa yang tidak kenal dengan Yamaha RX-King, motor yang di negara Asia tenggara (selain Indonesia) diberi nama Yamaha Concorde ini sering mendapat julukan sebagai motor penjahat. Bagaimana tidak? Akselerasi dan kecepatannya yang tinggi sering dipakai para pelaku tindak kejahatan untuk memuluskan aksinya.
Namun tahukah sampeyan kang, dibalik panggilan negatif tersebut ternyata si Yamaha RX-King ini mempunyai sejarah cerita yang panjang di tanah air.
Sebelum bernama Yamaha RX-King, motor sport dari pabrikan garputala ini telah lebih dulu dikenal dengan nama Yamaha RX-K, diproduksi pertama kali tahun 1981 hingga 1982..

Pada tahun 1982 inilah Yamaha melakukan survey terhadap masyarakat Indonesia. Dipimpin oleh Motoaki Hyodo, Chikao Kimata, dan Nobuo Aoshima,mereka melakukan survey di berbagai tempat di Indonesia seperti Sumatera, jawa, dan berbagai daerah lain. Mereka mencari tahu motor seperti apa yang sebenarnya diinginkan oleh masyarakat Indonesia. Kemudian diperolehlah hasil bahwa sebagian besar masyarakat Indonesia menginginkan motor yang gagah, cepat dan irit.
Melihat hasil itu kemudian terciptalah Yamaha RX-King.

Yamaha RX-King pertama hadir di Indonesia pada tahun 1982 tetapi oleh Yamaha Indonesia secara resmi dipasarkan tahun 1983. Mengusung mesin 2tak berpendingin udara dengan kapasitas bersih 132cc dan karburator mikuni VM26 motor ini mampu menyemburkan tenaga maksimal hingga 18.5 HP@9000rpm. Yamaha RX-King merupakan penyempurnaan dari sang kakak yakni RX-K. RX-King telah mengadopsi teknologi YEIS (Yamaha Energy Induction System) sehingga diklaim lebih irit BBM hingga 15% dari RX-K. Selain lebih irit, RX-King juga lebih bertenaga dari rpm bawah hingga 5000rpm.
Secara garis besar ada 4 versi Yamaha RX-King selama masa edarnya di Indonesia dari tahun 1983-2009 yakni:

1. Yamaha RX-King Cobra (1983-1995)
Disebut King Cobra karena motor ini mengadopsi model stang yang mirip seperti ular Cobra, dan stang model ini lagi ngetrend-ngetrendnya di kalangan anak muda kala itu. Selain itu, model ini juga mengadopsi tengki yang lebih lebar.

2. Yamaha RX-King Master (1995-2000)
Motor ini dimulai produksinya pada akhir tahun 1995, hal yang membedakan dari generasi sebelumnya adalah pada bentuk ukiran "Yamaha" yang berbentuk bulat terdapat pada blok mesin kanan dan kiri (generasi sebelumnya ukiran tulisan yamaha berbentuk garis-garis).
Selain itu pada tahun 1995-1997 RX-King master mengadopsi teknologi YCLS (Yamaha Computerized Lubrication System) yakni sistem pelumasan oli samping yang diatur oleh komputer dan mengandalkan daya dari aki motor.
Namun teknologi ini sudah tidak digunakan lagi pada RX-King rakitan tahun 1998 dikarenakan dianggap kurang pas dengan karakter mesin RX-King dan terlalu beresiko karena kebanyakan pemilik RX-King tidak terlalu memperhatikan keadaan aki motor mereka bahkan tidak sedikit juga yang mencopot akinya.

3. Yamaha RX-King Facelift (2001-2006)
Ubahan yang paling mencolok dari RX-King generasi ini adalah pemakaian headlamp berbentuk oval dan pengaplikasian speedometer yang berbentuk bulat. Ditambah dengan model striping yang lebih staylish membuat motor ini tampak jauh lebih modern.
Selain itu tepatnya pada tahun 2003 diluncurkan model Special Edition 20tahun Anniversary yang berwarna gold. Pada generasi ini juga terjadi perubahan kaliper rem depan dari yang tadinya 1 piston sekarang menjadi 2 piston.

4. Yamaha New RX-King (2006-2009)
Dan yang terahir adalah generasi New RX-King. Perubahan yang dilakukan Yamaha pada generasi ini adalah pemakaian headlamp model bulat serta disematkannya teknologi AIS (Air Induction System) yakni sebuah sistem penyuntikan udara segar ke dalam leher knalpot. Teknologi AIS tadi bekerjasama dengan Catalic Converter yang ada pada knalpot guna mengurangi emisi gas buang. Teknologi ini yang membuat New RX-King lolos uji emisi Euro 2. Maka tak heran jika RX-King generasi ini mempunyai asap knalpot yang sangat tipis.
Sayang pada bulan Februari 2009, Yamaha menyetop produksi motor penjahat ini. Alasannya dikarenakan sudah ada sang adik sebagai penggantinya yakni Yamaha Scorpio,padahal secara keseluruhan keduanya sangat jauh berbeda.

Demikianlah sedikit pembahasan dari saya mengenai Yamaha RX-King si motor penjahat. Monggo dikunyah-kunyah semoga berguna kang. Dan terima kasih sudah sudi menyambangi warung sederhana ini.

(ILAjava).

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sejarah RX-King si motor "Penjahat". "