Suzuki RGR Legenda Sport 2tak 150cc dari Suzuki. | ILAjava.com ILAjava - Blog seputar otomotif roda 2.

Suzuki RGR Legenda Sport 2tak 150cc dari Suzuki.


ILAjava.  Assalamualaikum kang, kembali kita akan membahas motor-motor eksotis dengan mesin 2 langkah/2tak yang pernah merajai pasar motor tanah air. Dan kali ini kita akan membahas salah satu motor sport yang pernah menjadi produk flagship dari pabrikan berlambang S, yakni Suzuki RGR 150.

Motor ini pertama kali diperkenalkan ke publik Indonesia pada tahun 1989,namun baru pada tahun 1990 secara resmi dijual oleh Suzuki Indonesia. Mungkin boleh dibilang inilah motor sport pertama bermesin 150cc 2tak yang dipasarkan di Indonesia. Rivalnya kala itu Yamaha RZR/RX-Z menggunakan mesin berkapasitas 135cc.

Suzuki Indonesia sendiri menyematkan 2 teknologi andalan pada motor ini, yang pertama adalah SIPC (Suzuki Intake Pulse Control), yakni sebuah teknologi untuk mengontrol pemasukan bahan bakar ke dalam mesin.. Dan yang kedua adalah SSS ( Super Scavenging System) yakni berupa port Intake tambahan yang terhubung dengan selang melingkar dan terhubung dengan tempat penyimpanan udara. SSS ini berfungsi sebagai pemberi asupan udara yang lebih besar ketika mesin membutuhkannya pada putaran mesin tinggi.
Dengan adanya SIPC dan SSS ini membuat Suzuki RGR tetap bertenaga pada setiap rentang rpm.
Namun, hal itu juga membuat motor ini menjadi motor paling boros di kelasnya.
Namun, borosnya konsumsi BBM Suzuki RGR ini seakan terbayar dengan muntahan tenaga yang mampu dihasilkan.

Dalam keadaan standar pabrik, motor ini mampu menelurkan power sebesar 26,5 HP pada kitiran 9.500rpm. Dipadukan dengan bobot yang hanya 99,8 kg bisa sampeyan bayangkan sendiri gimana jambakannya tuh kang. dijamin lari 160kpj bisa dengan mudah didapet.
Sayangnya Suzuki masih mengandalkan udara sebagai pendinginan mesin RGR 150 ini.
Secara umum ada 3 varian Suzuki RGR 150 yang dipasarkan di Indonesia yakni:

1. Suzuki RGR 150 Sprinter

Inilah generasi pertama Suzuki RGR,dipasarkan mulai tahun 1990-1992. Motor ini masih menggunakan Half fairing pada bagian depannya. Selain itu, hal yang paling mencolok dari motor ini adalah penggunaan lampu belakangnya yang sama persis dengan motor bebek Suzuki kala itu yakni Suzuki Sprinter.

2. Suzuki RGR 150 Crystal

Pada generasi kedua ini Suzuki RGR sudah tampil seperti motor sport pada umumnya yakni sudah mengaplikasikan Full Fairing.
Pada varian ini juga ada perubahan pada buritan belakang yang memakai lampu belakang yang sama seperti model bebek Suzuki Crystal. Selain itu, penambahan embel embel "R" setelah nama RG juga semakin menegaskan bahwa ini adalah motor Sport sejati..
Ada 2 versi dalam varian RGR Sprinter ini, yang pertama adalah RGR dengan Fairing yang sama seperti model RGR Sprinter namun dengan buritan model Crystal.
Yang kedua adalah RGR dengan Fairing RGR jumbo/Tornado yang nantinya menjadi varian terakhir RGR,dan menggunakan lampu belakang RGR Crystal. Motor ini dipasarkan dari tahun 1993-1995.

3. Suzuki RGR 150 Jumbo/Tornado

Inilah varian terakhir dari Suzuki RGR 150 yang dipasarkan di Indonesia. Dijuluki RGR jumbo karena motor ini terlihat lebih gemuk dari pada varian sebelumnya.
Selain itu hal yang paling terlihat adalah penggunaan lampu belakangnya yang mirip dengan motor bebek 2tak Suzuki Tornado.
Motor ini dipasarkan mulai tahun 1995-1997.

Sebenarnya setelah discontinue, Suzuki sempat akan merilis penggantinya yakni Suzuki RGR-Gamma II, yang mana motor ini memiliki mesin, design, dan performa yang sangat jauh berbeda dari sang kakak. Ini terlihat dari penggunaan fairing yang lebih modern, arm banana, mesin yang sudah memakai radiator, serta penggunaan katup buang tambahan (AETC). Namun sayang karena saat itu RGR-Gamma II diproduksi di Thailand dan terjadinya krisis moneter di Indonesia, menjadikan RGR-Gamma II gagal dipasarkan di Indonesia. Dan hanya diperkenalkan sebatas soft launching saja.

Last itulah sedikit pembahasan dari saya mengenai Suzuki RGR Legenda Sport 2tak 150cc dari Suzuki.. 
Monggo dikunyah-kunyah. Terima kasih sudah sudi berkunjung di warung sederhana ini. Semoga berguna kang. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Suzuki RGR Legenda Sport 2tak 150cc dari Suzuki. "