Spesifikasi Vins Duecinquanta, motor dengan spesifikasi mesin setara GP250 | ILAjava.com ILAjava - Blog seputar otomotif roda 2.

Spesifikasi Vins Duecinquanta, motor dengan spesifikasi mesin setara GP250

sumber: vinsmotors.com

Apakah anda seorang penggemar berat motor 2tak? Jika iya, anda patut berbahagia sekarang. Sebuah pabrikan motor Vins yang dibentuk oleh orang-orang mantan tim F1 Ferarri secara resmi telah meluncurkan 

motor sport 2tak terbaru mereka yakni Vins Duecinquanta. 

Motor ini sebenarnya diperkenalkan pertama kali ke publik pada ajang EICMA Milan Motorshow 2017 lalu. Dan sekarang Vins sudah melakukan proses produksi massalnya. Motor yang bermakna "dua lima puluh" dalam bahasa Italia ini, mengusung mesin yang setara dengan mesin GP250. Pabrikan Vins sepertinya memang sangat serius mengembangkan motor 2tak ini agar bisa diproduksi secara massal. 


Karena untuk bisa diproduksi secara massal,  ada beberapa aturan yang harus dipenuhi pabrikan. Seperti lolos uji emisi, kelayakan jalan, dsb. Untuk uji emisi sendiri, Vins mengklaim bahwa motor Vins Duecinquanta sudah lolos uji emisi Euro 4 yang memang diterapkan di negara-negara Eropa. Hal ini lantaran mereka berhasil menerapkan teknologi direct injection pada sang Duecinquanta. 

Sumber: visordown.com

Motor yang dibangun dari basis motor Vins Powerlight ini, memiliki kubikasi mesin 249cc V-twin untuk versi jalan raya dan 288cc V-twin untuk versi competizione. Mesin tersebut dikabarkan mampu menghasilkan power hingga 80HP untuk versi competizione dan 70HP untuk versi jalan raya. Yup, ini setara dengan motor-motor GP250 .

Tak hanya itu, bermacam-macam part eksotis juga muncul di motor ini seperti penggunaan material serat karbon pada body dan rangka, suspensi depan tipe Hossack, silencer Jolly Motors sampai velg Dymag. Uniknya lagi, mereka menggunakan rangka tipe monocoque pada motor ini. Alhasil, bobot motor ini sangat ringan yakni hanya 85kg untuk versi balap dan 90kg untuk versi jalan raya. Dibandingin dengan motor bebek jaman sekarang, tentu Vins Duecinquanta ini masih jauh lebih ringan bobotnya. Gak heran, mereka mengklaim motor ini mampu melaju hingga 230km/h untuk versi competizione dan 200km/h untuk versi jalan raya. 
Sumber: vinsmotors.com

Last, karena dilengkapi berbagai part eksotik dan mesin yang powerfull, tentunya harga yang dipatok Vins pada jagoan barunya ini tidak main-main. Untuk versi jalan raya saja, mereka mematok harga sekitar 40 ribu Euro atau jika dirupiahkan sekitar 620 jutaan. Sedangkan untuk versi competizione lebih mahal lagi, yakni mencapai 50 ribu Euro atau hampir 800 jutaan rupiah. 

Subscribe to receive free email updates: