Beberapa kekurangan pada All New Kawasaki Ninja ZX25R! | ILAjava.com ILAjava - Blog seputar otomotif roda 2.

Beberapa kekurangan pada All New Kawasaki Ninja ZX25R!


Beberapa hari yang lalu, publik dihebohkan dengan diperkenalkannya All New Kawasaki Ninja ZX25R di ajang TMS (Tokyo Motor Show) 2019. Rumor sejak beberapa tahun lalu tentang akan dihidupkannya lagi mesin 250cc 4 silinder yang legendaris oleh Kawasaki, kini akhirnya terjawab sudah. Sejarah mencatat, Kawasaki sebelumnya memang pernah memproduksi mesin ini pada tahun 80-an hingga awal 2000-an. Dan setelah lebih dari 1 dekade pasca discontinue, mereka akhirnya membangkitkan mesin ini lagi.

Meskipun menyandang status sebagai produk baru, nyatanya tak membuat All New Kawasaki Ninja ZX25R luput dari kekurangan. Yup, setelah melihat berbagai video yang diliput berbagai blog besar seperti tmcblog yang meliput langsung di acara perilisan tampak ada beberapa kekurangan pada All New Kawasaki Ninja ZX25R ini. Kekurangan ini tentu saja merupakan opini dari pandangan saya pribadi. Lantas apa saja kekurangan tersebut? Oke check this out.

1. Design fairing terlalu identik dengan Kawasaki Ninja 250R.

Tak bisa dipungkiri, secara garis besar design fairing pada All New Kawasaki Ninja ZX25R ini memang sangat identik dengan Ninja 250R yang memakai mesin 2 silinder. Mulai dari shape depan, model headlamp, windshield dll. Meskipun ada sedikit perbedaan dimana pada fairing All New Ninja ZX25R sudah mengaplikasikan corong udara yang diletakan diatas headlamp, namun tentu garis design yang identik dengan Ninja 250R ini mengurangi nilai prestige dari All New Ninja ZX25R ini. Padahal motor ini sudah memakai mesin 4 silinder.

2. Design speedometer juga sama dengan Ninja 250R.

Entah untuk mengurangi cost produksi atau apa, yang jelas Kawasaki mengaplikasikan speedometer All New Ninja ZX25R dengan bentuk yang mirip dengan speedometer Ninja 250R.

3. Belum hadirnya kunci Keyless.

Menjadi motor kelas premium, harusnya Kawasaki memberikan tingkat keamanan yang lebih pada motor ini agar aman dari para pelaku tindak curanmor. Namun faktanya, Kawasaki belum mengintegrasikan kunci Keyless pada All New Kawasaki Ninja ZX25R.

4. Lampu sein masih memakai model bulb  (bohlam).

Meski terkesan sepele, jika Kawasaki mengaplikasikan lampu sein model LED tentunya akan membuat nilai lebih pada motor ini. Sayangnya mereka hanya memberikan lampu sein model bulb saja.

5. Rem depan masih memakai model single disk.

Meskipun kaliper rem depan All New Ninja ZX25R sudah memakai model radial dengan 4 piston namun jumlah disk cakramnya hanya ada 1 di bagian depan. Jika dibandingkan dengan model rem depan Ninja ZX25R versi karburator yang eksis di tahun 80-2000an saja, ia sudah memakai model double disk. Tentunya ini mengurangi nilai estetika dari All New Ninja ZX25R.

Yup, itulah beberapa kekurangan yang ada pada All New Ninja ZX25R menurut kacamata saya pribadi. Meskipun demikian, motor ini juga memiliki berbagai kelebihan yang belum ada pada motor sport 250cc jaman sekarang, seperti hadirnya KTRC (Kawasaki Traction Control), Quick shifter, dan power mode.
Menurut rumor yang beredar, nantinya Kawasaki akan menghadirkan motor ini dalam 2 versi yakni versi standard dan full option. Untuk harga sendiri dikabarkan akan berada di angka 95-120 jutaan.
Semoga bermanfaat. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Beberapa kekurangan pada All New Kawasaki Ninja ZX25R! "