Penyebab Motor Injeksi Mati Mendadak Dan Solusi Untuk Memperbaikinya Dengan Mudah | ILAjava.com ILAjava - Blog seputar otomotif roda 2.

Penyebab Motor Injeksi Mati Mendadak Dan Solusi Untuk Memperbaikinya Dengan Mudah


ILAjava. Di jaman sekarang, mayoritas pabrikan otomotif sudah mengaplikasikan mesin injeksi pada produk mereka. Mesin injeksi sendiri memang memiliki tingkat efisiensi bahan bakar yang tinggi dan emisi gas buang yang lebih ramah lingkungan. Meski begitu, terkadang ada saja hal yang menyebabkan mesin injeksi ini mati mendadak dijalan.  Jika sudah begini, kita kadang panik. Apalagi jika motor tidak mau di starter kembali. Berikut ini adalah beberapa penyebab motor injeksi mati mendadak dan solusi untuk memperbaikinya dengan mudah.


1. Filter udara yang sudah kotor. 

Tak bisa dipungkiri fungsi filter udara sangatlah vital. Tugasnya sebagai penyaring udara yang masuk ke mesin membuat komponen ini menjadi cepat kotor karena debu dan partikel lain. Jika filter udara sudah kotor, tentu udara yang masuk ke dalam mesin juga kotor. Alhasil pembakaran dalam mesin menjadi kurang sempurna dan part-part lain yang terhubung dengan aliran udara ini juga akan cepat menjadi kotor. 

Solusinya adalah, anda bisa membersihkan filter udara ini dengan semprotan angin dari kompressor agar kotoran-kotoran yang menempel pada filter keluar. Namun sebenarnya cara ini tidak direkomendasikan. Hal ini dikarenakan, sebenarnya setiap pabrikan otomotif membuat filter udara hanya untuk sekali pakai saja. 


Kedua, membersihkan filter dengan angin kompressor bisa membuat filter udara mengandung air. Ini dikarenakan hukum fisika yang ada pada kompressor. Setiap udara yang dikompresikan dan ditampung pada suatu tempat pasti mengandung air. Jika tidak percaya, buka saja kran pembuangan pada tabung kompressor yang bertekanan penuh, pasti akan keluar air dari sana. Jadi solusi yang paling tepat sebenarnya ganti saja filter udaranya.

2. Busi kotor

Karena letaknya di ruang bakar, busi memang gampang kotor akibat kerak sisa pembakaran yang menempel. Jika sudah begini, pengapian yang dihasilkan busi menjadi kurang sempurna dan bisa menyebabkan motor injeksi mati mendadak. Hal ini bisa dilihat dari percikan bunga api yang biasanya warnanya agak memerah. 


Solusi mudah untuk memperbaikinya adalah dengan membersihkan busi ini .Bisa dengan carbon cleaner, atau dengan bensin dan kemudian di amplas halus agar permukaan dan ujung busi bersih kembali. Namun jika mesin motor injeksi anda sudah ada tanda brebet, lebih baik ganti saja businya karena biasanya itu merupakan pertanda jika busi akan mati. Rata-rata rekomendasi pabrikan, mereka menyarankan penggantian busi setiap 7.000-10.000 km.

3. Injektor yang kotor. 

Salah satu penyebab mesin injeksi mati mendadak juga bisa berasal dari injektor yang kotor. Kualitas bahan bakar yang buruk serta kondisi tangki bensin yang sudah berkarat merupakan penyebab dari kotornya injektor ini. 


Solusi untuk memperbaikinya adalah, bawa motor anda ke bengkel resmi dan minta mekanik untuk membersihkan injector motor anda. Kita tidak disarankan untuk membersihkan injector sendiri dirumah. Karena untuk membersihkan injector ini dibutuhkan alat khusus untuk membersihkannya. Dan alat itu hanya ada di bengkel-bengkel resmi.

4. Tanki bensin yang kotor dan berkarat. 

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, tangki bensin yang kotor bisa menyebabkan injector juga menjadi kotor. Biasanya bagi motor yang sudah cukup berumur, pada bagian dalam tanki bensin akan mulai timbul karat dan kotoran. 


Solusinya adalah anda bisa menguras tanki bensin motor anda dan membersihkan bagian dalamnya. Untuk melakukan ini pada mesin motor injeksi, kita harus mencopot dulu bagian fuel pump agar kita bisa membersihkan bagian dalam tanki bensinnya.


5. Throttle body yang kotor

Sebagai alat pengatur aliran udara ke ruang bakar, throttle body juga kerap menjadi tempat menempelnya debu dan kotoran. Jika sudah begini, aliran udara ke mesin menjadi terhambat. Akibatnya mesin menjadi kekurangan pasokan udara dan bisa menyebabkan motor injeksi mati mendadak. 

Solusi mudahnya adalah, anda bisa menyemprotkan cairan carbon cleaner pada throtlle body sembari mesin dihidupkan. Jadi anda tidak perlu membongkar semua bagian ini untuk membersihkannya. 


Last, itulah beberapa penyebab mesin motor injeksi mati mendadak dan solusi untuk memperbaikinya dengan mudah. Diharapkan dengan taunya kita akan beberapa penyebab ini, diharapkan kita tidak perlu panik lagi jika tiba-tiba motor injeksi kita mati mendadak dijalan. Selain itu, kita juga bisa memperbaikinya sendiri yang tentunya akan menghemat pengeluaran kita. 

Semoga bermanfaat. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Penyebab Motor Injeksi Mati Mendadak Dan Solusi Untuk Memperbaikinya Dengan Mudah"