Jegal Kawasaki, Honda mulai membuat project CBR 250 4 silinder | ILAjava.com ILAjava - Blog seputar otomotif roda 2.

Jegal Kawasaki, Honda mulai membuat project CBR 250 4 silinder


ILAjava.com | Persaingan pabrikan Jepang dalam industri roda dua memang sangat ketat. Ketika satu pabrikan menelurkan produk baru, kompetitor langsung memikirkan project untuk menjegalnya. Hal itu juga yang terjadi saat Kawasaki merilis New Ninja ZX25R diajang TMS 2019. Sang Ninja 250 4 silinder ini seakan menjadi cambuk bagi pabrikan lain untuk menelurkan produk yang sama. Dan kabarnya, saat ini Honda mulai membuat project CBR 250cc 4 silinder dan sudah masuk tahap "early stage". Project Honda ini dibuat untuk jaga-jaga jikalau nanti penjualan ZX25R laris manis dipasaran. 

   Baca juga: Beberapa kekurangan    pada New Ninja ZX25R

Kabar project Honda 250cc 4 silinder ini menyeruak dari Jepang melalui blogger Kojintekibikematome saat perilisan Ninja ZX25R di Jepang. Yup, kabarnya Honda mulai meracik mesin 250cc 4 silinder untuk menjegal Ninja ZX25R. Menurut Kojintekibikematome, rumor project Honda 250 4 silinder ini ada saling keterkaitan dengan nama baru yang disandang pada superbike teranyar mereka yakni Honda CBR 1000RR-R. Penambahan satu embel-embel R disinyalir tidak akan berhenti pada kelas 1000cc. Nama triple R isunya juga akan dipakai pada CBR 250 4 silinder. Jadi jika pada mesin 2 silinder memakai nama CBR 250RR, kabarnya pada mesin 4 silinder akan memakai nama CBR 250RR-R. 

Honda sebenarnya mulai meracik mesin 250cc 4 silinder sejak 2009 lalu, namun karena masalah harga project ini tidak dilanjutkan. Hal ini juga sempat diutarakan Presiden Direktur AHM Inuma San saat perilisan CBR 250RR di Indonesia. Saat itu ia menceritakan kalau sebelumnya ada 2 opsi mesin yang akan dipakai pada CBR 250RR yakni 2 silinder dan 4 silinder. Namun karena masalah harga, Honda akhirnya memilih mesin 2 silinder dengan berbagai pengoptimalan yang membuatnya lebih unggul dari kompetitor. Dan kini, setelah adanya Ninja ZX25R, isunya project Honda 250 4 silinder ini akan dilanjutkan kembali. 

Last, meski belum ada clue apapun di tanah air tentang project Honda 250 4 silinder, namun setidaknya isu dari Jepang ini cukup klop dengan track record development CBR 250RR. Ya Pabrikan Sultan sekelas Honda tentu bisa dengan mudah membuat mesin 250cc 4 silinder. Apalagi dimasa lalu Honda juga pernah mempunyai produk sejenis. Namun semuanya butuh proses hingga motor memasuki mass production. Dimulai dari exhibition ,trial, hingga diproduksi massal. Kemungkinan semuanya membutuhkan waktu hingga 3 tahun sampai produk siap diperkenalkan ke publik. So, bagi kalian yang berharap akan adanya CBR 250 4 silinder, kemungkinan bakal ada. Namun yang pasti tidak dalam waktu dekat. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jegal Kawasaki, Honda mulai membuat project CBR 250 4 silinder"