Suter MMX 500, Motor 2tak Yang Mampu Saingi MotoGP Bike | ILAjava.com ILAjava - Blog seputar otomotif roda 2.

Suter MMX 500, Motor 2tak Yang Mampu Saingi MotoGP Bike


ILAjava.com | Rindu akan kenangan era GP500 2tak?
Meski masa keemasan mesin 2tak di lintasan MotoGP telah lama berakhir, tak bisa dipungkiri para pecinta mesin ngebul ini masih eksis hingga sekarang. Sensasi suara dan keliaran mesin 2tak menjadi daya tarik tersendiri bagi penggemarnya. Untuk mengobati kerinduan para pecinta mesin 2tak di lintasan balap, sebuah pabrikan asal Swiss bernama Suter menghadirkan kembali mesin 2tak yang diberi nama Suter MMX 500.

Motor ini dirilis pada 2015 lalu dan mengusung spesifikasi mesin yang sama seperti motor GP500 namun dengan kubikasi yang sedikit lebih besar yakni 576cc. Mesin dengan konfigurasi V-4 double counter rotating crankshaft ini juga sudah dibekali beberapa teknologi modern seperti fuel injection pada sistem pengkabut BBM, Traction Control, serta suspensi electronic dari Ohlins. Suter mengklaim mesin racikannya ini mampu menghasilkan power hingga 195 daya kuda dengan bobot hanya 127kg. Jika dihitung, PWR (Power To Weight) ratio dari Suter MMX 500 ini mencapai 1.53 HP/Kg. Tak heran Suter mengatakan kalau Suter MMX 500 ini mampu bersaing dengan MotoGP bike.

Mesin dari MMX 500 juga sudah memenuhi standar regulasi Euro 4 sehingga ramah lingkungan. MMX 500 memakai 2 poros crank shaft sebagai penggerak dengan sumbu 90 derajat. Dan otak dari semuanya di kontrol oleh ECU Mectronik dengan gearbox 6 percepatan Cassete type dan Suter Clutch Multi Disk Dry.
Untuk bagian rangka motor ini juga dibuat khusus memakai rangka twin spar dari bahan aluminium yang dibuat dengan mesin CNC sehingga menghasilkan tingkat presisi yang tinggi sekaligus ringan. Rangka ini kemudian ditopang dengan swing arm model banana yang dibuat dengan bahan aluminium CNC dan suspensi dari Ohlins tipe TTX GP. Sedangkan bagian front fork memakai Ohlins FGR 300.

Untuk bagian knalpot juga dibuat khusus. Suter Racing Technology menggandeng pabrikan Akrapovic untuk mendesign knalpot dengan bahan titanium pada MMX 500. Pemakaian bahan titanium ini membuat keseluruhan bobot knalpotnya hanya 4kg saja.

Dengan semua kecanggihan plus PWR yang luar biasa dari Sutter MMX 500 ini, saat dites di Jerez dan ditunggangi oleh Suter tercatat hanya lebih lambat 4.9 detik dari capaian terbaik NSR 500 Valentino Rossi di sirkuit ini. Padahal umur Suter sudah lebih dari 50 tahun dan memiliki berat badan yang berlebih. Suter memang menyetel motor ini agar lebih smooth pada rpm menengah. Ia yakin jika ditunggangi Marq Marquez atau pembalap elite MotoGP lain, Sutter MMX 500 bisa menorehkan waktu diangka 1 menit 30 detikan. Catatan terbaik Rossi dengan NSR 500 di Jerez sendiri adalah 1 menit 42.421 detik. Tak heran Suter mengatakan kalau Suter MMX 500 ini lebih cepat dari GP 500 2 stroke di masa jayanya dan mampu bersaing dengan MotoGP bike jaman sekarang. 

Last, mulai tahun 2018 lalu, Suter MMX 500 juga turut ikut dalam ajang balap paling berbahaya di dunia yakni Isle Of Man TT secara penuh. Ditunggangi pembalap Ian Lougher, mereka akan ikut dalam ajang ini setidaknya selama 3 tahun berturut-turut bersaing dengan motor-motor superbike 4tak pabrikan lain.
Menjadi motor premium dengan part eksotis yang banyak dibuat secara handmade, Suter MMX 500 hanya diproduksi sebanyak 99 unit saja di seluruh dunia. Suter membandrol motor ini dengan harga sekitar 1.7 Milyar rupiah. Sebuah harga yang ckup sepadan untuk motor 2tak yang mampu saingi MotoGP Bike.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Suter MMX 500, Motor 2tak Yang Mampu Saingi MotoGP Bike"