Bimota Tesi H2, Motor Dengan Suspensi Depan Unik Bermesin Ninja H2 | ILAjava.com ILAjava - Blog seputar otomotif roda 2.

Bimota Tesi H2, Motor Dengan Suspensi Depan Unik Bermesin Ninja H2



ILAjava.com| Pernah mendengar nama Pabrikan motor Bimota?
Yup, Bimota merupakan Pabrikan otomotif asal Italia yang didirikan oleh Massimo Tamburini, Giuseppe Morri, danValerio Bianchi pada tahun 1972 lalu. Pabrikan ini merupakan spesialis pembuat motor-motor unik, namun dengan mencomot mesin dari pabrikan lain. Salah satu produknya yang cukup terkenal dimasa lalu adalah Bimota V-Due. Motor yang justru membuat Bimota mengalami banyak kerugian. 
Setelah sempat mengalami masa-masa sulit di masa lalu, pada tahun 2017 lalu Bimota divonis mengalami kebangkrutan. Dari sinilah datang bantuan dari Kawasaki Motors Europe nv. Mereka membeli saham Bimota sebanyak 49.9% dan sekaligus mendirikan Pabrikan Italian Motorcycle Ivestment SpA (IMI) di Riminni, Italia. Tujuan didirikannya perusahaan ini adalah untuk kembali memproduksi motor-motor dengan merk Bimota. 

Dengan dibelinya saham milik Bimota oleh Kawasaki ini, otomatis membuat kerja sama kedua pabrikan ini terjalin. Dan salah satu produk pertama dari hasil kerja sama mereka adalah Bimota Tesi H2. Motor ini secara resmi diperkenalkan pada event EICMA 6 November 2019 di Milan, Italia. 
Para pengunjung dibuat takjub dengan design yang dibuat Bimota pada Tesi H2. 
Mengambil basis mesin dari Kawasaki Ninja H2 Supercharger, Bimota Tesi H2 memiliki design yang sangat unik dan berbeda dari kebanyakan motor sport. 

Salah satunya adalah pemakaian steering depan model Hub-Centre Steering. Steering dengan bentuk mirip swing arm ini menggantikan suspensi USD (Up Side Down) yang jamak ditemui di motor-motor sport. Untuk penempatan suspensinya sendiri ada di bagian belakang berjejeran dengan suspensi belakang. Bimota membekali 2 suspensi Ohlins semi aktif yang bisa disetel preload dan dumpernya. Bimota mengklaim, pemakaian steering model Hub-Centre Steering ini akan memberikan handling lebih yang tidak ada pada steering biasa (USD) . Selain itu, pada saat melakukan pengereman, bagian depan motor juga tidak akan jatuh terlalu dalam seperti pada suspensi biasa. Dengan hal ini rider bisa melakukan hard braking dengan lebih keras. Meski begitu, bentuknya yang rumit dan kompleks tentu akan membutuhkan effort lebih ketika melakukan maintenance suspensi ini. 

Dibekali mesin yang sama persis dengan Kawasaki Ninja H2, Bimota Tesi H2 ini tentunya bakal memiliki performa 11 12 dengan Ninja H2. Bahkan jika dilakukan beberapa penyempurnaan, bukan tidak mungkin power dari Bimota Tesi H2 bakal lebih besar dari Ninja H2. Belum lagi pemakaian beberapa part eksotis yang dibenamkan Bimota guna mereduksi bobot dari Tesi H2 seperti velg karbon OZ Racing Piega, aluminium, dll. 
Dari kabar yang berhembus, power dari Bimota Tesi H2 ini akan ada di kisaran 230-250 HP. 

Last, dirilisnya Bimota Tesi H2 ini merupakan salah satu hasil dari rencana 200 unit motor yang akan diproduksi dari hasil kerjasama Kawasaki dan Bimota. Rencananya Bimota Tesi H2 ini akan mulai dijual pada Juni 2020 mendatang. Harga yang dipatok Bimota sendiri mencapai 50.000 Euro per 1 unit Bimota Tesi H2. Jika dirupiahkan sekitar 775 jutaan. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bimota Tesi H2, Motor Dengan Suspensi Depan Unik Bermesin Ninja H2"