Cara mudah membaca ukuran ban pada motor. | ILAjava.com ILAjava - Blog seputar otomotif roda 2.

Cara mudah membaca ukuran ban pada motor.


ILAjava.com | Ban merupakan salah satu komponen penting pada kendaraan bermotor. Tanpa ban, motor atau mobil kita tidak bisa kita kendarai sebagai mana mestinya. Berfungsi sebagai penopang kendaraan sekaligus penghubung dengan jalan, si karet bundar ini memiliki banyak ukuran dan tipe. Ukuran ban dibagi menjadi 2 tipe yakni ban dengan ukuran metric dan imperial. Saat ini semua pabrikan otomotif memakai ban tipe metric pada motor mereka. Ban dengan tipe imperial biasanya ditemui pada motor-motor lawas seperti Honda Grand,Yamaha RX-King, Honda GL Series,dll. Apa sih perbedaan ban tipe metric dan imperial? Dan bagaimana cara membaca ukuran ban pada motor?

Perbedaan ban tipe metric dan imperial adalah:
-Satuan ukuran yang dipakai. 
Ban tipe metric memakai satuan milimeter  sedangkan ban imperial memakai inch.
 -Ban imperial memiliki tinggi ban lebih  tinggi dari pada ban dengan tipe metric pada ukuran yang sama. Ini karena pada ban imperial memiliki lebar dan tinggi ban yang sama. Sedangkan pada ban metric, aspek ratio tinggi ban maksimal hanya 90%. Jadi ban tipe metric lebih ceper dibandingkan ban tipe imperial. 
Meski kedua tipe ban ini mempunyai perbedaan satuan ukuran yang dipakai, namun cara membaca sama-sama mudah. 

Ban tipe Metric

Sebagai contoh kita ambil ukuran ban belakang Honda Beat New 2019 yang memakai ban bawaan pabrik Federal ukuran 90/90-14. Angka 90 didepan menunjukan lebar tapak ban (section width) dengan satuan milimeter. Sedangkan angka 90 dibelakangnya menunjukan persentase tinggi ban (section heigh) dibandingkan lebar ban (section width) . Untuk saya pribadi, cara mudah untuk menghitung tinggi ban tinggal dikalikan saja antara 9 x 9= 81mm. Jadi angka 0 didepan dan dibelakang dicoret saja. Cara ini bisa dipakai pada semua ukuran ban tipe metric. Sedangkan tanda (-) menunjukan konstruksi ban bias. Untuk ban tipe Radial ditandai dengan kode R. Dan angka 14 menunjukan ukuran velg yang dipakai yakni 14 inch. 
Jadi untuk ban ukuran 90/90-14 mempunyai: 
-Lebar: 90mm
-Tinggi: 81mm
-Konstruksi: Bias
-Velg: 14inch

Ban tipe Imperial

Kita ambil contoh pada ban belakang bawaan Kawasaki Ninja 150R yang memakai ban IRC ukuran 3.00-18. Angka 3.00 merupakan lebar dan tinggi ban dalam satuan inchi. Pada ban tipe imperial ukuran lebar dan tinggi ban sama. Jadi jika dikoversikan dalam satuan milimeter hasilnya. 3.00 x 25.4mm = 76.2mm. Tanda (-) menunjukan konstruksi ban bias. Dan angka 18 menunjukan diameter velg yakni 18 inchi. Jadi pada ban tipe imperial ukuran 3.00-18 memiliki: 
-Lebar ban: 76.2mm
-Tinggi ban: 76.2mm
-Konstruksi: bias
-velg: 18 inchi

Demikian cara membaca ukuran ban pada motor. Semoga setelah membaca ini kita jadi bisa mengetahui ukuran ban pada sepeda motor yang kita pakai . Sekaligus mengetahui ukuran-ukuran substitusi yang bisa dipakai jika kita ingin beralih dari ban tipe imperial ke metric ataupun sebaliknya. 
Semoga bermanfaat. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara mudah membaca ukuran ban pada motor. "