Honda RC166, Motor 250cc 6 Silinder Paling Gila Di Dunia! | ILAjava.com ILAjava - Blog seputar otomotif roda 2.

Honda RC166, Motor 250cc 6 Silinder Paling Gila Di Dunia!


ILAjava.com|Rilisnya Kawasaki Ninja ZX25R dengan mesin 4 silindernya memang berhasil membuat heboh dunia permotoran beberapa waktu lalu. Namun tahukah anda, pernah ada motor 250cc yang lebih "gila" dari New Ninja ZX25R.
Motor tersebut adalah Honda RC166. Yup, meskipun motor ini tidak dijual bebas karena hanya digunakan di ajang World GP (sekarang MotoGP), namun motor ini sama-sama mengusung mesin dengan kubikasi 250cc seperti New Ninja ZX25R.

Honda RC166 adalah motor prototype buatan Soichiro Honda yang digunakan pada ajang World Grand Prix kelas 250cc di tahun 1966-1967. Motor ini di develop langsung oleh Soichiro Honda untuk mengalahkan dominasi mesin 2tak kala itu. Ya, semua pabrikan yang berlaga di ajang Grand Prix kelas 250cc kala itu memang menggunakan mesin 2tak. Disaat pabrikan lain berlomba-lomba mendevelop mesin 2tak sepowerful mungkin, Honda justru berpikiran 180 derajat. Soichiro Honda yang merupakan pendiri pabrikan Honda ini justru berpikiran, bagaimana membuat mesin 4tak yang mampu mengalahkan mesin 2tak dengan kapasitas mesin yang sama.
Secara teoritis memang sulit membuat mesin 4tak agar mampu mengalahkan mesin 2tak yang mana setiap pergerakan pistonnya merupakan tenaga. Akhirnya Soichiro Honda pun mempunyai pemikiran untuk membuat motor 4tak dengan kitiran mesin yang hampir 2x lebih tinggi dari mesin 2tak. Yup, Honda mempunyai pemikiran untuk membuat motor 4tak dengan kitiran mesin yang mampu melengking hingga 20.000 rpm!.

Akhirnya diciptakanlah Honda RC166. Motor ini mengusung mesin 250cc 6 silinder segaris DOHC 24 valve yang merupakan penyempurnaan dari generasi sebelumnya yakni RC165.
Ini artinya tiap silinder pada RC166 hanya memiliki kapasitas 41.6cc saja dengan 4 katup per silinder. Bisa dibayangkan seberapa kecilnya ukuran piston dan katup yang dipakai. Yang lebih hebat lagi, Honda berhasil membuat mesin RC166 6 silinder segaris ini mempunyai ukuran lebar yang sama seperti Honda RC161 yang memakai mesin 4 silinder segaris. Gak heran, clearance pada mesin RC166 ini dikabarkan hanya mampu dilihat oleh sinar-x dan proses pembuatannya masih menjadi misteri hingga kini. Entah teknologi metalurgi apa yang dipakai Honda pada tahun 1966 lalu hingga bisa membuat mesin RC166 ini powerfull sekaligus mempunyai ketahanan yang baik.

Honda RC166 kala itu ditunggangi pembalap legendaris asal Inggris Mike Hailwood. Mike yang kala itu melawan motor-motor 2tak "gila" dari pabrikan lain, berhasil menjuarai 10 serie dari 10 pertandingan yang digelar pada World GP tahun 1966. Dengan hasil ini Mike "The Bike" Hailwood berhasil menjadi juara dunia rider sekaligus menjadi juara dunia pabrikan selama 2 tahun berturut-turut pada 1966-1967.

Secara spesifikasi mesin, Honda RC166 sendiri memakai mesin 250cc 6 silinder Parallel-Transverse DOHC 24 valve oil cooled dengan pengkabut bahan bakar 6 karburator ukuran 22 mm dengan transmisi 7 speed. Mesin ini mampu menghasilkan power 62 HP dengan torsi 29.5 Nm!. Pantas saja RC166 ini hanya perlu sekedipan mata untuk mencapai lengkingan 20.000rpm. Dan ingat angka power ini merupakan power on wheel (pada roda belakang) loh ya. Jadi untuk angka power on crank (pada poros mesin) jelas lebih besar lagi. Pantas saja, pabrikan lain kala itu yang melawan motor ini dengan mesin 2tak seperti Yamaha, Suzuki dan MV Agusta terkejut. Bagaimana bisa motor 2tak mereka kalah padahal rata-rata motor 2tak mereka menghasilkan power 60 HPan.

Pada sektor rangka, motor ini memakai chassis tubular-steel open duplex yang membuat bobot motor ini hanya 112kg saja. Tak heran, top speed motor ini kabarnya mampu berlari hingga 240km/h dengan cepat. Hebatnya lagi, dengan top speed segitu, motor ini hanya mengandalkan rem model drum brake/tromol berukuran 9inch pada ban depan dan 8inch pada ban belakang. Sedangkan untuk suspensi depannya memakai model telescopic cartridge dan belakang memakai Honda’s Twin-Girling Shockbreaker.


Last, meski mendapatkan hasil yang gemilang pada ajang World GP kelas 250cc. Sayangnya pada tahun selanjutnya yakni 1968 Honda harus mengundurkan diri dari ajang itu karena pembatasan regulasi. Saat itu regulasi mengharuskan semua mesin 250cc maksimal hanya boleh memakai mesin 4 silinder. Karena regulasi tersebut dinilai merugikan Honda, akhirnya mereka memutuskan untuk hengkang dan memilih fokus pada ajang Formula 1.
Meski begitu sejarah mencatat, Honda RC166 merupakan salah satu motor terbaik yang pernah ada di dunia yang bahkan proses pembuatannya masih merupakan misteri yang belum terungkap hingga kini.
Semoga menginspirasi.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Honda RC166, Motor 250cc 6 Silinder Paling Gila Di Dunia!"