Kawasaki Z H2, Naked bike Supercharger Pertama Di Dunia! | ILAjava.com ILAjava - Blog seputar otomotif roda 2.

Kawasaki Z H2, Naked bike Supercharger Pertama Di Dunia!


ILAjava. Kawasaki Z H2 resmi diperkenalkan pada event Tokyo Motor Show 2019 beberapa waktu lalu. Motor ini berhasil mencetak sejarah karena menjadi Naked Bike Supercharger pertama di dunia. Pada ajang TMS lalu, Kawasaki memang memperkenalkan langsung 2 jagoan baru mereka, yakni Kawasaki Z H2 dan Ninja ZX25R

Menjadi keluarga baru dari clan Z, motor dengan mesin 998cc DOHC 4 silinder inline dengan Supercharger ini tentu bukanlah motor sembarangan. Yup, mesin yang ada pada Kawasaki Z H2 merupakan turunan langsung dari Ninja H2. Namun tentunya ada beberapa perubahan yang dilakukan Kawasaki Heavy Industries agar mesin ini cocok dipasangkan pada motor naked bike. 
Pada bagian mesin contohnya, Kawasaki merubah bentuk ram air intake yang terhubung ke supercharger. Sedangkan pada bagian knalpot, Kawasaki Z H2 juga memiliki ukuran header yang lebih panjang dari Ninja H2. Ini dimaksudkan agar mesin ini lebih bertenaga di putaran rpm bawah sampai menengah. 

Sedangkan untuk bagian frame, Kawasaki mendesign rangka khusus agar cocok dipasangkan dengan mesin Superchargernya. Rangka pada Kawasaki Z H2 memiliki spesifikasi 104mm panjang trail dengan sudut rake 24,9 derajat. Dengan sudut rake yang  yang kecil ini, tentu membuat Kawasaki Z H2 lebih lincah untuk diajak bermanuver pada kecepatan rendah-menengah.
Rangka tralis high tensile steel Z H2 ini  kemudian dipadukan dengan swing arm turunan dari Ninja ZX10RR yang di design ulang mengikuti karakter mesin Z H2. 

FYI, dibekali mesin 1liter 4 silinder segaris dengan supercharger, Kawasaki Z H2 diklaim mampu menghasilkan power max 197 HP dengan torsi badak hingga 137 Nm. Selain itu, mesin ini juga sudah dilengkapi assist sliper clutch, quick shifter, dan riding mode hingga 3 mode berkendara. 
Di Indonesia sendiri, kemungkinan besar motor ini baru akan diperkenalkan secara resmi ke publik tanah air pada 2020 mendatang. Bisa jadi, Kawasaki Motor Indonesia (KMI) selaku ATPM Kawasaki di Indonesia akan memperkenalkan motor ini berbarengan juga dengan Ninja ZX25R seperti halnya ketika di ajang TMS kemarin. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kawasaki Z H2, Naked bike Supercharger Pertama Di Dunia! "